Selasa, 28 Februari 2017

TIK Microsoft Exel


hallo! Kali ini blog saya akan memuat pelajaran tentang Microsoft exel,langsung lihat aja yu!!


Microsoft Exel

Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data. Perangkat lunak pengolah angka dilengkapi kemampuan untuk mengelola data terutama data yang berupa angka-angka.
Perangkat lunak pengolah angka sangat berguna untuk membantu pekerjaan manusia yang berhubungan dengan angka-angka. Misalkan, perhitungan keuangan di perusahaan,pengolahan data statistik,perhitungan angka-angka hasil penelitian,dan berbagai masalah lainnya.
            Ada beberapa perangkat lunak pengolah angka yang dikenal saat ini, antara lain :
1.      Lotus 123
2.      KSpeard
3.      StarOffice Calc
4.      OpenOffice Calc
5.      Gnumeric
6.      XESS
7.      Microsoft Excel dan sebagainya.

Lingkungan Kerja Excel
      Bila dibandingkan jendela Word yang sudah dipelajari di semester sebelumnya, tampilan Excel tidaklah jauh berbeda. Excel mempunyai beberapa bagian jendela yang nama,bentuk,dan fungsi yang sama dengan bagian-bagian jendela Word.


Bagian-Bagian Jendela Excel
Jendela Excel mempunyai bagian-bagian yang berfungsi untuk mempermudah para penggunanya. Berikut ini beberapa bagian-bagian jendela Excel serta fungsinya masing masing antara lain :
1.      Quick Access Toolbar
2.      Tittle Bar
3.      Kontrol Jendela
4.      Tombol Office atau Tab File
5.      Ribbon
6.      Lembar kerja
7.      Bar Nama
8.      Bar Rumus
9.      Kontrol Buku Kerja
10.  Kontrol Lembar Kerja dan Tab Lembar Kerja
11.  Status Bar
Perintah Perintah di Ribbon
      Excel mengelompokkan tombol-tombol perintah di Ribbon ke dalam delapan tab, selain tombol Office/Tab File. Tab-tab yang terdapat di ribbon antara lain :
1.      Tab Home, perintah yang paling sering di gunakan di Tab Home antara lain :


1.      Copy, Cut, Paste
2.      Font, Font Size, Font Color
3.      Bold, Underline, Italic
4.      Decrease Indent, Increase Indent
5.       
6.      Top Align, Middle Align, Bottom Align, Center, Align Text Right/Left
7.      Merge & Center
8.      Increase Decimal, Decrease Decimal
9.      Conditional Formatting
10.  Format as Table
11.  Insert Cells, Delete Cells
12.  Format
13.  Sum
14.  Sort & Filter
15.  Find, Replace


2.      Tab Insert, memuat perintah-perintah untuk menambahkan objek-objek khusus ke lembar kerja. Antara lain:


1.      Table
2.      Picture
3.      Clip Art
4.      Shapes
5.      Coloumn, Line, Pie
6.      Bar, Area
7.      Scatter, Other Chart
8.      Text Box
9.      Header, Footer
10.  Word Art
11.  Equation
12.  Symbol


3.      Tab Page Layout, memuat berbagai tombol-tombol perintah untuk pengaturan layout dari lembar kerja. Antara lain :
1.      Themes, Themes Colors, Themes Fonts, Themes Effects
2.      Margins
3.      Page Orientation, Page Size
4.      Print Area, Print Titles
5.      Breaks
6.      Background
4.      Tab Formulas, memuat berbagai perintah-perintah yang berhubungan dengan perhitungan dan penggunaan fungsi-fungsi. Antara lain :
1.      Insert Function
2.      Auto Sum
3.      Recently Used
4.      Financial
5.      Logical
6.      Text Function
7.      Date & Time
8.      Lookup & Reference
9.      Math & Trig
10.  More Functions
5.      Tab Data, memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan dan pengelolaan data serta perintah-perintah untuk menjalankan tools yang dimiliki Excel. Antara lain :
1.      Sort Smallest to Largest, Sort Largest to Smallest, Sort
2.      Filter
6.      Tab Review, memuat berbagai tombol perintah untuk pemeriksaan teks di lembar kerja. Antara Lain
1.      Spelling
2.      Research
3.      Thesaurus
4.      Translate
7.      Tab View, memuat berbagai tombol perintah untuk mengatur tampilan
1.      jendela Excel. Antara lain : Normal View
2.      Page Layout View, Page Break Preview
3.      Custom View, Full Screen View
4.      Ruler, Gridlines
5.      Formula Bar, Headings
6.      Zoom 100%, Zoom to Selection
8.      Tab Add-Ins, memuat tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan fungsi-fungsi khusus yang ditambahkan ke Excel, perintah yang berhubungan dengan penggunaan Excel bersama aplikasi lain.
  
 Excel mempunyai teknik pemasukan dunia yang dapat dimanfaatkan untuk
memasukan data dengan mudah, cepat, efisien,
-          Membuat Buku Kerja Baru
Dapat dibuat dengan cara menjalankan perintah New yang terdapat di Tab File/Tabe office. Selain menggunakan perintah New, dapat juga membuat buku kerja dengan cara menggunakan tombol CTRL + N dari keyboard
-          Memasukan Data di Sel Lembar Kerja
Dimasukan dengan mengaktifkan sel di lembar kerja yang bersangkutan, kemudian mengetik data yang akan dimasukan dan diakhiri dengan menekan tombol Enter,Tab, atau tombol arah keyboard.


1.      Memasukan Data Angka
2.      Memasukan Data Berupa Teks, Waktu, dan Tanggal
3.      Memasukan Data yang Berurutan
4.      Memasukan Data Seragam


-          Mengatur Perpindahan Sel Setelah di Enter
Sel aktif akan pindah dari satu sel ke sel yang berada di bawahnya atau sel yang terletak dalam satu kolom.
-          Menyimpan Buku Kerja Baru
Buku kerja yang sudah dibuat dan dikerjakan perlu disimpan agar dapat dibuka dan digunakan di lain waktu.Buku kerja akan disimpan dalam bentuk file Excel (.xls atau .xlsx.
-          Menyimpan Buku Kerja yang Sudah Pernah Disimpan
Dilakukan jika sebuah buku kerja dibuka kembali, kemudian dilakukan perubahan pada buku kerja tersebut. Buku kerja ini perlu disimpan kembali agar perubahan yang sudah di lakukan tidak hilang.
-          Menyimpan Buku Kerja dengan Nama File Baru
Dilakukan untuk tujuan penggandaan file buku kerja ataupun untuk mendapatkan files buku kerja dengan nama files yang berbeda
-          Mengatur Penyimpanan Otomatis
Save Auto Recover perlu digunakan untuk menjalankan penyimpanan otomatis.sehingga jika komputer kita tiba-tiba mati, hasil pekerjaan di lembar kerja Excel tidak hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar